HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2019/2020


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 35.172.100.232
Pengunjung : 461.992


Newsflash :
            |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |                         |             PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018

Berita Kegiatan :



TES POTENSI AKADEMIK KELAS IX

Jumat; 23 August 2019 [admin, SMP STELLA DUCE 1] - Berita Umum

Tes Potensi Akademik (TPA) merupakan salah satu alat tes secara psikologis  yang dipakai untuk mengukur kemampuan intelektual seseorang. Biasanya TPA diberikan pada siswa kelas 9 untuk mengungkapkan kualitas intelektual yang hasilnya sering dihubungkan dengan tinggi rendahnya tingkat kecerdasan siswa.

SMP Stella Duce 1 Yogyakarta melaksanakan Tes Potensi Akademik bagi siswa kelas 9 pada hari Kamis, 15 Agustus 2019. TPA ini diselenggarakan sekolah  bekerjasama dengan ARETE CONSULTANT, biro Psikologi yang dipimpin oleh Ibu  Thea Novena, S.Psi.,M.Psi.

TPA ini diikuti 200 siswa kelas 9, yaitu kelas 9 Asoka 33 siswa, Bidara 33 siswa, Cempaka 33 siswa, Dahlia 33 siswa, kelas Edelweis 33 siswa dan kelas Flamboyan 33 siswa. Adapun pelaksanaannya di ruang kelas masing masing dengan 6 orang psikolog, mulai dari pukul 07.30 sampai pukul 12.00.

Adapun Tes Potensi Akademik ini meliputi beberapa jenis tes, seperti :

  • Subtes Verbal : mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata/bahasa
  • Subtes verbal terdiri dari: Sinonim, Antonim, Analogi dan Wacana
  • Subtes Kuantitatif: mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika dan menggunakan logika angka untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka.
  • Subtes Kuantitatif terdiri dari: Deretan Angka, Aritmatika dan Aljabar, dan Geometri.
  • Subtes Penalaran: Mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah.
  • Subtes Penalaran terdiri dari: Logis, diagram dan Analitis.

Selain itu juga ada tes Bakat skolastik (TBS), merupakan alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. Penggunaan TBS untuk memberikan informasi potensi belajar siswa sehingga dapat melengkapi hasil tes prestasi, serta tes minat, dan tes kepribadian.

Adapun fungsi dari tes ini akan memperoleh informasi mengenai potensi belajar siswa. Akurasi prediksi prestasi siswa pada jenjang/kelas yang lebih tinggi atau sekolah lanjutan atas (SMA) dapat terlihat berdasarkan hasilnya, yang berarti bahwa tes ini mempunyai korelasi yang signifikan dengan prestasi belajar siswa. Siswa dengan nilai tes yang tinggi, maka siswa tersebut tentunya akan mempunyai prestasi belajar yang bagus.

22 Agustus 2019, Bernadetta Evy Prihartini







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :