HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.94.202.172
Pengunjung : 509.488


Newsflash :
PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |                         |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU, MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA.             |                         |             PROFICIAT KEPADA TARAKANITA WILAYAH TANGERANG YANG TELAH MERAIH JUARA UMUM DALAM OSTARNAS IV DI YOGYAKARTA 13-15 NOVEMBER 2019.             |                         |             PROFICIAT KPD SMA TARAKANITA 2 JKT YG TELAH MERAIH JUARA 1 LOMBA FILM PENDEK, JUARA 1 LOMBA DESAIN POSTER TINGKAT KOTA JAKARTA UTARA (AGUSTUS 2019)             |            

Berita Kegiatan :



Hasil karya siswa kelas VIII SMP Stella Duce 1 Kerajinan Bahan Limbah Keras

Kamis; 22 August 2019 [admin, SMP STELLA DUCE 1] - Berita Umum

Keprihatinan banyaknya limbah di sekitar siswa, mengangkat berbagai ide untu memanfaatkan limbah tersebut.

Materi prakarya kelas VIII adalah kerajinan berbahan limbah keras. Limbah keras terdiri dari dua jenis, yaitu limbah keras organik dan limbah keras anorganik. Masing-masing limbah keras dapat diolah menjadi bahan kerajinan yang sungguh dapat dinikmati oleh teman dan orang lain.

Limbah keras yang digunakan bisa digabungkan antara limbah organik dan limbah anorganik. Masing-masing limbah memiliki karakter yang berbeda. Prinsipnya mereka tidak menambah atau membuat limbah lagi dari limbah yang mereka olah.

Prinsip pengolahan limbah keras adalah 3 R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle.

Reduce adalah upaya untuk mengurangi sampah dengan mengurangi penumpukan sampah, Kemudian mereka berusaha dan memiliki ide untuk reuse, atau menggunakan kembali sampah-sampah yang ada di sekitarnya. Dan seandainya sampah-sampah itu masih layak digunakan maka mereka akan mendaur ulang atau Recycle sampah yang ada di sekitar.

Anak-anak kelas VIII, menggunakan ban bekas menjadi sebuah kursi sofa empuk, sendok-sendok bekas makanan mereka olah menjadi hiasan lampu duduk maupun cermin atau pigura, kulit telur mereka tempelkan pada guci tanah liat sehingga hasilnya sungguh mengagumkan.

Mereka melakukan pengolahan sederhana mulai dari pemilahan, pembersihan, pengeringan, pewarnaan dan penghalusan hasil karya sehingga hasil karyanya layyak untuk dipamerkan.

Jiwa kewirausaan juga dilatihkkan kepada mereka, mereka harus membuat proposal pembuatan lalu setelah itu membuat laporan keuangan yang dikeluarkan dan yang terakhir mereka harus merancang hasil karyanya layak jual berapa rupiah.

Melatih dan memupuk keterampilan perlu dilakukan terus menerus agar ke depan mereka menjadi orang yang kreatif menghadapi tantangan jaman.

keterampilan

keterampilan

keterampilan

keterampilan





Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :