HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
ALUMNI
GALLERY
CAREER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 3.235.75.196
Pengunjung : 521.461


Newsflash :
BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH             |             PROFICIAT KEPADA SD TARAKANITA 3 JAKARTA ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT KEPADA SD DAN SMP SINT CAROLOS BENGKULU ATAS PRESTASINYA MERAIH PIAGAM BINTANG SATU KEAMANAN PANGAN UNTUK KANTIN SEKOLAH DARI BADAN POM REPUBLIK INDONESIA             |             PROFICIAT ATAS TERSELENGGARANYA KONFERENSI NASIONAL GURU SMP, SMA, SMK PENGAMPU UJUAN NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI TDC 2 SURABAYA, 26-28 NOVEMBER 2019             |            

Artikel :



Pendidikan anak


Rabu; 23 August 2017 [admin, SMP STELLA DUCE 1] - Artikel Umum

Wajib belajar merupakan salah satu program yang gencar digalakkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. sesuai dengan UUD 45 Bab XIII, Pasal 31, ayat (1) Yang menyatakan bahwa: Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran. wajib belajar yang dulunya 9 tahun berubah menjadi wajib belajar 12 tahun. mencakup sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas/kejuruan. Sedangkan salah satu syarat untuk mendaftarkan anak ke sekolah dasar adalah cukup umur minimal 6 tahun dan membawa serifikasi/ijazah sekolah TK. hal ini jelas menunjukan bahwa negara Indonesia sangat mengutamakan pendidikan masyarakatnya. yang tentunya untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang akan mewujudkan perbaikan negara Indonesia ysng lebih baik.

Pendidikan anak dimulai semenjak usia anak sedini mungkin. setiap orang tua menginginkan anak yang cerdas dan mampu membanggakan orang tuanya. maka dari itu orang tua bersikeras mencarikan dan memberikan pendidikan terbaik dengan memasukan anak mereka ke sekolah yang terakreditasi dengan jaminan pendidikan yang bermutu. bahkan orangtua tidak segan menambahkan jadwal belajar tambahan khusus diluar jam pelajaran formal di sekolah, misalnya mengikuti bimbingan belajar untuk memperbanyak pengetahuan anak selain yang telah didapatkan selama belajar di sekolah, mengikuti les kemampuan khusus lain seperti les musik, tari, lukis atau bahkan mengikuti cabang klub olahraga tertentu untuk melatih ketangkasan anak seperti karate, sepakabola, basket, volly dan lain-lain.

gambar artikel tema pendidikan

Pendidikan sangatlah penting. kenapa? karena:

- Pembentukan karakter

Sadar atau tidak salah satu wadah pembentuk karakter anak adalah pendidikan baik itu pendidikan formal di sekolah ataupun informal. secara tidak langsung interaksi anak di lingkungan pendidikan akan membentuk kepribadian anak, karena lebih dari 6 jam bahkan ada sebagian anak yang lebih memilih menghabiskan waktu disekolah dengan mengikuti kegiatan diluar jam pelajaran sekolah misalnya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, teman bermain, interaksi guru, kegiatan sekolah dan masyarakat yang ada di sekolah adalah dasar dari pembentuk karakter anak. maka dari itu untuk membentuk karakter anak yang baik juga harus ikut andil dalam penentuan pendidikan anak, lingkungan pendidikan yang baik akan membentuk kepribadian anak juga menjadi baik.

- pengetahuan

Kecerdasan anak dapat dilihat dari seberapa banyak pengetahuan yang anak miliki. sedangkan pengetahuan yang anak miliki bersumber dari pengajaran yang diberikan oleh guru di sekolah. semakin banyak pengetahuan anak maka akan semakin mudah dalam penyelesaian masalah mereka khususnya permasalahan dalam dunia sekolah. pengetahuan yang dimiliki anak akan membawanya ke tempat dimana pengetahuan itu seharusnya berada. misalnya kecerdasan anak dalam dunia sains (ilmu pengetahuan alam) akan membuat anak dilibatkan dalam kegiatan karya ilmiah, kecerdasan anak dalam perhitungan matematika yang akan membuatnya dilibatkan dalam segala kejuaraan dan olimpiade matematika, atau kepiawaian anak dalam mengekspresikan diri akan membuatnya dilibatkan dalam kegiatan yang bernuansa sastra dan seni.

- jenjang karir

Tidak dapat dipungkiri lagi, sekarang ini sangat sulit sekali mencari lowongan kerja karena semakin semakin tinggi jenjang karir maka semakin tinggi pula syarat jenjang pendidikan seseorang. masayarakat seolah-olah bersaing menggapai jenjang pendidikan tertinggi demi mendapatkan lowongan kerja dengan gaji yang memadai.lapangan pekerjaan yang minim dengan persyaratan kualifikasi yang semakin sulit memaksa masyarakat untuk meningkatkan kualitas diri salah satunya adalah kualitas pendidikan yang tinggi akan menjadi nilai tambah seorang pelamar pekerja. artinya pendidikan akan menentukan karir seseorang.

- kemajuan negara

Tujuan utama dari program pendidikan yang dibuat pemerintah adalah menciptakan generasi-generasi penerus bangsa yang cerdas dengan pendidikan yang berkualitas. dengan pendidikan yang berkualitas akan menciptakan generasi-generasi muda yang siap membangun negara Indonesia dari segala aspek kehidupan. banyak kesempatan yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan bakat pelajar. salah satunya adalah pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi di sekolah, secara tidak langsung pemerintah mengumpulkan data siswa yang nantinya akan diberikan peluang lebih dalam jenjang karir. perekrutan pegawai negeri yang dilakukan secara transparan dengan berbagai tes adalah salah satu bukti bahwa tujuan program pendidikan adalah membentuk generasi cerdas pengisi jajaran kursi di pemerintahan yang akan merubah Indonesia menjadi negara yang lebih baik.



Sumber : http://www.guru-id.com/2016/07/contoh-artikel-tema-pendidikan.html#ixzz4qX8nWFBZ







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :